Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil
-Andree Setiawan / 20216816 / IT-022234-
Penulisan ini dibuat dengan tujuan agar pembaca mampu mengidentifikasi Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil. Penulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas dari Mata Kuliah Pengantar Bisnis (softskill). Materi yang akan dibahas dalam penulisan ini berisi tentang Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil. Di dalam penulisan ini juga membahas Perkembangan Franchise di Indonesia, dan Ciri-ciri Perusahaan kecil. Metode penulisan yang dibuat adalah dengan melakukan tinjauan dari berbagai macam web selain blog, wordpress dan wikipedia.
1. KEWIRASWASTAAN,
WIRASWASTA, WIRASWASTAWAN
Kewiraswastaan adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Melalui upaya yang dijalankannya, yang bersangkutan merencanakan dan mengharapkan kompensasi dalam bentuk keuntungan di samping juga kepuasan. Bidang usaha atau perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu (wiraswastawan/ entrepreneur) sebagai alternative penyediaan lapangan kerja, minimal bagi si pemilik modal itu, kita sebut wiraswasta
1.1 Ciri-ciri Wiraswastawan / Pribadi yang memiliki kemampuan
1.
Berdiri diatas kekuatan sendiri
2.
Mengambil keputusan untuk diri sendiri
3.
Menetapkan tujuan atas dasar pertimbangannya
sendiri
4.
Mengambil resiko Tegas
5.
Memperhatikan lingkungan sosial untuk
mencapai taraf hidup yang lebih baik bagi semua orang
1.2
Peranan Wiraswastaan
1. Memimpin usaha secara teknis maupun
ekonomis dengan berbagai aspek fungsional
2.
Mencari keuntungan bisnis
3.
Membawa perusahaan ke arah kemampuan
4.
Memperkenalkan hasil produksi baru
5.
Memperkenalkan cara produksi yang lebih
maju
6.
Membuka pasar
7.
Merebut sumber bahan mentah maupun bahan
setengah jadi
8.
Melaksanakan bentuk organisasi
perusahaan yang baru
1.3
Unsur Penting Wiraswasta
Dalam wiraswasta ada beberapa unsur penting yang
satu sama lainnya saling terkait. Unsur-unsur tersbut adalah :
· Unsur pengetahuan
Mencirikan tingkat penalaran yang dimiliki seseorang. Pada umumnya unsur
pengetahuan banyak ditentukan oleh tingkat pendidikan orang bersangkutan.
· Unsur keterampilan
Pada umumnya diperoleh melalui latihan dan pengalaman kerja nyata.
Wiraswastawan yang dilengkapi keterampilan tinggi akan mempunyai keberhasilan
yang lebih tinggi.
· Unsur kewaspadaan
Merupakan paduan unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi
keadaan yang akan datang. Kewaspadaan berkaitan dengan pemikiran atau rencana
tindakan untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi atau diduga yang akan
dialami
2. PERUSAHAAN KECIL
Usaha kecil merupakan usaha yang mempunyai jumlah tenaga kerja kurang
dari 50 orang, atau berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999, kategori
usaha kecil adalah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.
200.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan bangunan) penjualan paling banyak Rp.
1.000.000.000,00, milik warga negara indonesia, bukan afiliasi badan usaha lain
(berdiri sendiri), dan berbentuk usaha perseorangan,badan usaha,atau koperasi.
Perusahaan kecil memegang peranan penting dalam komunitas perusahaan swasta. Pengalaman di beberapa negara maju (Amerika,Inggris,Jepang,dsb) menunjukkan bahwa komunitas perusahaan kecil memberi kontribusi yang perlu diperhitungkan dibidang produksi,pajak,penyedia lapangan kerja,dsb. Seringkali dari perusahaan kecil muncul gagasan-gagasan baru ynag merupakan terobosan penting dalam kondisi perekonomian yang tidak menguntungkan. Perusahaan yang sekarang ini telah besar, seperti General Electrik, IBM,PT ASTRA International, dll, yang pada mulanya adalah perusahaan kecil. Dengan kiat-kiat tertentu dari pelaku bisnis, perusahaan kecil dapat berkembang dengan pesat menjadi perusahaan raksasa.
Perusahaan kecil memegang peranan penting dalam komunitas perusahaan swasta. Pengalaman di beberapa negara maju (Amerika,Inggris,Jepang,dsb) menunjukkan bahwa komunitas perusahaan kecil memberi kontribusi yang perlu diperhitungkan dibidang produksi,pajak,penyedia lapangan kerja,dsb. Seringkali dari perusahaan kecil muncul gagasan-gagasan baru ynag merupakan terobosan penting dalam kondisi perekonomian yang tidak menguntungkan. Perusahaan yang sekarang ini telah besar, seperti General Electrik, IBM,PT ASTRA International, dll, yang pada mulanya adalah perusahaan kecil. Dengan kiat-kiat tertentu dari pelaku bisnis, perusahaan kecil dapat berkembang dengan pesat menjadi perusahaan raksasa.
2.1 Keuntungan Perusahaan Kecil
Kebebasan dalam bertindak mengacu pada flekksibilitas perusahaan dan
kecepatannya dalam mengantisipasi perubahan tuntutann pasar. Hal ini lebih
dimungkinkan pada perusahaan kecil karena ruang lingkup pelayanan relatif
kecil. Sehingga penyesuaian terhadap adopsi teknologi yang sesuai denagn
kebutuhan pasar dapt dilaksanakan dengan cepat.
2.2
Kelemahan Perusahaan Kecil
Perusahaan dengan ukuran apa saja (besar,sedang,
maupun kecil) selalu mengandung resiko,disamping keuntungannya. Perusahaan
kecil lebih mudah terpengaruh oleh perubahan situasi, perubahan ekonomi,
persaingan dan lokasi yang buruk. Kelemahan perusahaan kecil yang terutama adalah
modal dan jaminan pekerjaan bagi karyawannya.
2.3 Cara-cara mengembangkan perusahaan kecil
· Penyebarluasan dan pengembangan minat berusaha
· Pemberian bantuan kredit dari bank dengan syarat lunak bagi para
perusahan kecil
· Peningkatan keterampilan angkatan kerja dengaan perluasan kesempatan
kerja
· Perbaikan personalia perbankan
· Membentuk sentra industri kecil di pedesaan
· Pembatasan investasi pada industri padat modal
· Pemerintah melalui departemen terkait menyediakan fasilitas
2.3
Perbedaan antara kewirausahaan dan bisnis kecil
Kewirausahaan adalah suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya dapat di gali dengan rangkaian kerja yang diberikan dalam praktek perbedaan dengan bisnis kecil dalam penanganannya karena dalam berbagai tempat diakui keberadaan pengusaha kecil terkait dengan kewirausahaan.
Kewirausahaan adalah suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya dapat di gali dengan rangkaian kerja yang diberikan dalam praktek perbedaan dengan bisnis kecil dalam penanganannya karena dalam berbagai tempat diakui keberadaan pengusaha kecil terkait dengan kewirausahaan.
2.4 Perkembangan Franchise Indonesia
Waralaba atau Franchising (dari bahasa
Prancis untuk kejujuran atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu
produk atau jasa maupun layananan. Sedangkan menurut versi pemerintah
Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu
pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual
(HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan
suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut
dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Bisnis franchise atau waralaba saat ini sangat berkembang pesat. Ditandai dengan menjamurnya sejumlah franchise-franchise asing dan lokal di Indonesia, mulai dari franchise makanan, otomotif, properti, hingga bidang pendidikan.
Bisnis franchise atau waralaba saat ini sangat berkembang pesat. Ditandai dengan menjamurnya sejumlah franchise-franchise asing dan lokal di Indonesia, mulai dari franchise makanan, otomotif, properti, hingga bidang pendidikan.
· Salah satu contoh
Franchise
Jenis
Industri/jasa
|
Anak Perusahaan(cabang)
Restoran
|
Didirikan
|
1930 (asli) 1952
(monopoli)
|
Pendiri
|
|
Kantor pusat
|
1441 Gardiner Lane, Louisville, Kentucky, (Operational
Headquarters)
Delaware,
(Incorporation)
|
Jumlah lokasi
|
17,000 (2012)
|
Tokoh penting
|
David C. Novak, Kepala danCEO dari Yum! BrandsRoger Eaton, Kepala dan
CEO KFC
|
Produk
|
|
Pendapatan
|
US$ 9.2 billion (2011)
|
Karyawan
|
455,000 (2010)
|
Slogan
|
Follow your taste (2006–2010)
So good (2010–sekarang)
|
Sumber
· https://sites.google.com/site/kewiraswastaan/
· http://www.academia.edu/19577299/Kewirausahaan_dan_Perusahaan_Kecil
No comments:
Post a Comment