Pemasaran
~
Andree Setiawan / 20216816 / IT-022234 ~
Definisi dan
Pengertian Pemasaran
Perubahan selera konsumen, lingkungan ekonomi
dan persaingan yang semakin tajam membuat peranan pemasaran sangat penting
untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan
laba bagi perusahaan. Peran pemasaran sangat penting untuk mengetahui keinginan
konsumen dan perusahaan berusaha memenuhinya. Perusahaan banyak yang
memproduksi barang yang sejenis, sehingga membuat konsumen lebih selektif dalam
memilih produk mana yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.
Pengertian Pemasaran
Menurut Ahli
Para
pakar bidang pemasaran telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian
pemasaran, diataranya adalah sebagai berikut :
·
Menurut Kotler (2005), pengertian pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana masing-masing individu dan
kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan,
penawaran dan pertukaran produk yang bernilai bagi pihak lain.
·
Menurut Swasta (1996) pengertian pemasaran
adalah suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Maksud
dari pengertian itu adalah manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih
dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat
dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan.
·
Menurut William J. Stanton, (1984:7)
pengertian pemasaran: “Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis
yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang-barang yang memuaskan keinginan dan jasa baik kepada
para konsumen saat ini maupun konsumen potensial”.
·
Menurut Basu dan Hani (2004:4) Pemasaran
adalah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
Jenis-jenis Pemasaran
Jenis
Jenis Pemasaran menurut Supriyanto yaitu pemasaran eksternal, pemasaran internal
dan pemasaran interaktif.
1.
Pemasaran Internal
Pemaran Internal
merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Pada dasarnya karyawan adalah
pelanggan pertama dari suatu bisnis atau perusahaan. Bagaimana suatu perusahaan
harus memuaskan karyawan, memperhatikan kebutuhan, keinginan serta harapan,
demikian juga mengenai kesejahteraan karyawan. Semua tersebut merupakan hak
yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan. Karena itu kewajiban perusahaan
harus memperhatikan kesejahteraan karyawan seperti gaji, tunjangan hari tua,
pengembangan karir, asuransi dan lain-lain. Di lain pihak harus memasarkan
perusahaan tersebut, termasuk sumber daya perusahaan dan brand image (citra
merek).
2.
Pemasaran Interaktif
Pemasaran Interaktif
merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Kemampuan karyawan untuk
berinteraksi dengan pelanggan mengharuskan setiap karyawan memiliki
keterampilan dan profesional dalam malayani pelanggan. Untuk memuaskan
kebutuhan dan harapan pelanggan, karyawan harus selalu kelihatan menarik, murah
senyum, mau mendengarkan keluhan, siap bila diperlukan, hormat, sabar, jujur
dan bisa dipercaya.
3.
Pemasaran Eksternal
Pemasaran Eksternal
merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Pemasaran eksternal menjadi
tugas dari manager dan organisasi pemasaran perusahaan. Dalam memahami
kebutuhan dan harapan pasar, upaya menciptakan produk atau jasa pelayanan,
serta mengupayakan terjadinya transaksi yang saling menguntungkan kedua belah
pihak.
Tujuan Pemasaran
Secara Umum
Tujuan
Pemasaran secara umum, sebagai berikut :
1.
Kebutuhan
Tujuan pemasaran yang
pertama yaitu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kebutuhan adalah sesuatu yang
sifatnya mendasar yang diperlukan untuk memenuhi masalah manusia. Contoh :
Kebutuhan makanan, minum, pakaian, rumah dan pendidikan.
2.
Keinginan
Tujuan Pemasaran yang
kedua ialah untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kebutuhan yang telah menjadi
dorongan untuk diselesaikan (hasrat untuk memenuhi kebutuhan) ketika mereka
diarahkan kepada tujuan atau objek tertentu yang spesifik, yang memungkinkan
memuaskan kebutuhan. Orang sakit ingin berobat modern, maka ia akan berobat ke
rumah sakit, puskemas atau klinik.
3.
Harapan
Tujuan Pemasaran yang
ketiga adalah untuk memenuhi harapan pelanggan. Harapan adalah keinginan akan
produk atau jasa tertentu yang bersifat individual dengan memperhatikan
bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan keinginan. Contohnya : Berobat ke rumah
sakit, dengan pelayanan dokter yang terampil dan cepat serta ramah (harapan).
Faktor psikografi (selera, gaya hidup, persepsi terhadap tempat pelayanan) ikut
menentukan harapan seseorang.
Tujuan Pemasaran
Adapun tujuan pemasaran (marketing objektive)
yaitu apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui adanya kegiatan pemasaran.
Jika kepuasan & kebutuhan konsumen terpenuhi maka akan berdampak pada hasil
penjualan produknya meningkat & pada akhirnya tujuan pemasaran akan
tercapai yakni memperoleh keuntungan atau laba. Namun jika sebuah perusahaan
melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya memikirkan produsennya saja, maka akan
ada kemungkinan hasil penjualan yang diperoleh menurun, sehingga keuntungannya
minim bahkan bisa terjadi kerugian. Kepuasan pembeli atau konsumen lah yang
terpenting bagi perusahaan dalam sebuah marketing.
Konsep Pemasaran
1.
Konsep Produksi
yaitu suatu konsep
dimana konsumen lebih menyukai produk yang dapat ditemukan dimana-mana dengan
harga yang murah. Jadi orientasi konsep ini lebih mengarah pada upaya
pencapaian efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas. Tugas
manajemen disini adalah memperbanyak produksi barang karena konsumen dianggap
akan menerima hasil produksinya yang terjangkau dimana-mana.
2.
Konsep Produk
Menyatakan bahwa akan
lebih menyukai produk yang menawarkan mutu, kualitas, performansi dan karakter
terbaik. Dimana tugas manajemen disini ialah membuat produk yang berkualitas
tinggi dan penampilan yang terbaik & menarik.
3.
Konsep Penjualan
Menyatakan bahwa
konsumen dengan dibiarkan begitu saja atau apa adanya, organisasi harus
berusaha melaksanakan promosi yang menarik para konsumen.
4.
Konsep Pemasaran
Menyatakan bahwa
kunci dalam mencapai tujuan sebuah organisasi bisnis meliputi penentuan
kebutuhan & keinginan pasar sebagai sasaran serta memberi kepuasan yang
sesuai secara efektif & efisien dibandingkan dengan para pesaing.
5.
Konsep Pemasaran Sosial
Dalam konsep ini
tugas sebuah organisasi yaitu menentukan kebituhan , kepentingan, keinginan
pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap melestarikan & meningkatkan
kesejahteraan masyarakat atau konsumen.
6.
Konsep Pemasaran Global
Dalam konsep ini manajer
eksekutifnya harus berupaya memahami segala faktor lingkungan yang dapat
mempengaruhi pemasaran lewat manajemen yang strategis. Dimana tujuan akhirnya
ialah berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat dan memberikan yang
terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu
perusahaan.
Manajemen Pemasaran
Kata manajemen sering di definisikan sebagai
sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan
dan controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai target
atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran yaitu
suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai
ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Faktor terpenting dalam
menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Jadi
pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi dan konsumsi.
Jadi yang dimaksud dengan manajemen pemasaran
adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan
dan controlling (pengawasan) atau mengendalikan kegiatan pemasaran
dalam suatu perusahaan supaya dapat tercapainya target atau tujuan perusahaan
secara lebih efesien dan efektif. Itulah definisi manajemen pemasaran secara
umum, lalu fungsi manajemen pemasaran sendiri seperti meliputi riset pembeli
atau konsumen, pengembangan produk, komunikasi dan promosi, strategi
distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan pada konsumen.
Tentunya semua kegiatan ini dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
Definisi Manajemen
Pemasaran Menurut Para Ahli
·
Menurut, Buchari Alma (2004 : 130) –
Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh
kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian di pemasaran.
·
Lalu menurut, Philip Kotler/Armstrong (2002 :
14) – Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan
maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
Unsur Penting dalam
Manajemen
3
(tiga) unsur yang penting dalam manajemen pemasaran diantaranya sebagai
berikut:
1.
Orientasi pada konsumen atau pembeli
Umumnya produsen
menghasilkan produk untuk upaya memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen,
dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen ialah orientasi paling
utama yang harus di pertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi bisnis.
Demikian juga dalam proses marketing atau penjualan, maka dalam bisnis selalu
mengedepankan pihak konsumen yang merupakan strategi dari bagian konsep
pemasaran yang perlu di perhatikan. Sebab konsumen bisa di bilang sebagai raja,
dan pihak produsen atau perusahaan adalah pelayan yang harus melayani kebutuhan
raja (konsumen) yaitu dengan berbagai macam tawaran yang menarik, baik itu dari
segi produk yang dihasilkan maupun dari segi pelayanan yang di sediakan.
Manajemen pemasaran menyetujui konsep pemasaran yang terbaik dengan menjadikan
konsumen sebagai prioritas yang paling utama.
2.
Perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran
secara menyeluruh
Manajemen pemasaran
menyetujui adanya pengaturan secara dinamis sebagi bentuk penyusunan
kegiatan-kegiatan dari pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam
bidang pemasaran, strategi, implementasi, penganalisaan, controlling (pegawasan)
dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran harus dilakukan secara
tersusun, dan diatur secara rinci atau detail dan jelas, sehingga bisa
mempermudah dalam proses pelaksanaan dan contolling (pengawasan).
Manajemen pemasaran menyetujui suatu upaya yang sistematis yang jelas sehingga
dapat dilakukan penganalisaan dan controlling (pengawasan) terhadap
hasil yang di dapat. Evaluasi terhadap suatu manajemen pemasaran salah satunya
juga di dasarkan atas kegiatan penyusunan secara menyeluruh tersebut.
3.
Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen
menjadi unsur yang penting juga yang harus di perhatikan dalam menyusun
strategi pemasaran. Manajemen pemasaran yang bagus yaitu menyetujui adanya
hasil keputusan para konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses
pemasaran yang berjalan. Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat
dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana cara
maupun starategi pemasaran yang dijalankan.
Permintaan dan Tugas
Pasar
Ada
8 jenis permintaan yang menjadi tugas pemasaran, yakni:
a)
Permintaan
negatif, adalah jika sebagian besar pasar tidak menyukai produk
tertentu dan bahkan orang bersedia mengeluarkan uang untuk menghindarinya.
Tugas pemasaran adalah menganalisa mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut
dan apakah program pemasaran yang terdiri dari perancangan ulang produk, harga
yang lebih rendah, promosi yang lebih baik, dan dapat mengubah keyakinan dan
perilaku pasar.
b)
Permintaan
nol,
adalah konsumen sasaran mungkin tidak sadar atau tidak tertarik pada produk
tertentu. Tugas pemasaran adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat
produk tersebut dengan kebutuhan dan minat alami seseorang.
c)
Permintaan
laten, adalah banyaknya konsumen yang memiliki kebutuhan yang
kuat yang tidak dapat dipuaskan oelh produk yang sudah ada. Tugas pemasaran
adalah mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan produk yang dapat
memuaskan permintaan tersebut.
d)
Permintaan
menurun, adalah cepat atau lambat, setiap usaha akan menghadapi
permintaan yang menurun pada satu atau lebih produknya. Tugas pemasaran adalah
membalikan arah penurunan permintaan melalui pemasaran ulang yang kreatif.
e)
Permintaan
tidak teratur, adalah terdapatnya permintaan yang
berubah-ubah secara musiman atau harian bahkan setiap jam, sehingga menimbulkan
masalah kelebihan atau kekurangan kapasitas. Tugas pemasaran adalah mencari
jalan untuk mengubah pola permintaan yang sama melalui penetapan harga yang
fleksibel, promosi dan insentif lainnya. Ini yang disebut dengan synchromarketing.
f)
Permintaan
penuh, adalah bila perusahaan mengalami kepuasan dengan volume
bisnis mereka. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan saat
ini ditengah perubahan preferensi konsumen dan peningkatan persaingan.
g)
Permintaan
persaingan, adalah bilamana beberapa perusahaan mengalami tingkat
permintaan yang lebih tinggi daripada yang didapat atau yang ingin mereka
layani. Tugas pemasaran adalah mencari cara dan tujuan untuk mengurangi produk
yang bersangkutan untuk sementara waktu dengan tidak merusak permintaan.
Disebut juga dengan demarketing. Ada 2 demarketing yaitu: General demarketing,
usaha mengurangi keseluruhan permintaan seperti peningkatan harga, pengurangan
promosi dan pelayanan; dan Selective demarketing, usaha untuk mengurangi permintaan
yang berasal dari pasar yang kurang menguntungkan.
h)
Permintaan
tak bermanfaat, adalah produk yang tak bermanfaat akan
mengundang usaha yang terorganisir untuk mengurangi konsumsinya. Tugas
pemasaran adalah merangkul orang-orang yang menyukai produk yang tak bermanfaat
agar menghentikannya.
Pengertian Bauran
Pemasaran
Bauran pemasaran merupakan suatu perangkat
yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua
ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen
yang dipilih. Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola
unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang
dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.
Kotler (2000:18) mendefinisikan bauran
pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran. Bauran pemasaran merupakan
variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi
konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan. Mc Carthy (Kotler,
2000:18) mempopulerkan sebuah klasifikasi empat unsur dari alat-alat bauran
pemasaran yang dikenal dengan empat P (four PS) yaitu produk (product),
harga (price), tempat/distribusi (place), promosi (promotion).
Bauran
pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk
mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari “empat P” yaitu:
I.
Produk (Product) , kombinasi barang dan
jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran meliputi : ragam,
kualitas, desain. fitur, nama merek, dan kemasan ;
II.
Harga (Price), adalah sejumlah uang
yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk meliputi: daftar harga,
diskon potongan harga, periode pembayaran, dan persyaratan kredit ;
III.
Tempat (Place), kegiatan perusahaan
yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran meliputi: Lokasi, saluran
distribusi, persediaan, transportasi dan logistik ;
IV.
Promosi (Promotion) berarti aktivitas
yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan
membelinya meliputi : Iklan dan promosi penjualan.
Program pemasaran yang efektif harus dapat
memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran
terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan
menghantarkan nilai bagi konsumen.
Fungsi
Strategi Pemasaran
·
Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke
depan. Berfikir out of the box memang sangat diperlukan untuk menjaga
ritme, ataupun kelangsungan perusahaan. Sesekali jangan terus mengikuti ritme
pasar, tetapi coba untuk menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
·
Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah.
Sesuatu kalau tidak memiliki tujuan ataupun strategi pastinya akan berjalan
dengan berantakan.
·
Dengan adanya strategi pemasaran akan membuat
koordinasi tim menjadi jauh lebih baik serta terarah.
·
Dapat merumuskan tujuan/goal perusahaan yang
akan dicapai. Dengan bantuan strategi ini, wirausahawan dapat terbantu
untuk lebih mendetailkan tujuan apa yang ingin perusahaan capai. Baik jangka
panjang ataupun jangka pendek.
·
Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif
atas standard prestasi kerja. Tentunya dalam hal pemasaran perlu diawasi
setiap anggota tim untuk peningkatan mutu ataupun kualitas.
Tujuan pemasaran
1)
Peningkatan kualitas koordinasi dalam tim
pemasaran
2)
Mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard
prestasi yang berlaku
3)
Memberikan dasar yang logis dalam setiap
pengambilan keputusan
4)
Mampu meningkatkan kemampuan dalam
beradaptasi jika ada perubahan-perubahan dalam pemasaran.
Pendekatan Manajemen
Pemasaran
Pendekatan Studi Pemasaran Pemasaran dapat
dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu: · ,Pendekatan
serba fungsi (functional approach) · Pendekatan serba Lembaga (institutional
aproach) · Pendekatan serba (commodity aproach) · Pendekatan serba (managerial
aproach) · Pendekatan serba (total system aproach) Meskipun titik berat
tinjauannya berbeda-beda, tetapi masing-masing pendekatan saling berkaitan satu
sama lain. Jadi, tinjauan satu pendekatan akan menyinggung pula tinjauan dari
pendekatan lainnya.
a) Pendekatan Serba Fungsi
Jumlah dan macam dari
fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasan dalam perdagangan.
Adapun fungsi pokok
pemasaran adalah:
1. Penjualan,
merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karna menjadi tulang
punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju.
2. Pembelian, Fungsi
ini bertujaun memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk
digunakan dalam perusahaan denagn harga, pelayanan dari penjual dan kualitas
produk tertentu.
3. Pengangkutan,
merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat
barang dikonsumsi.
4.Penyimpanan,
merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi
sampai pada saat barang dikonsumsi.
5. Pembelanjaan,
adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggaarakan
kegiatan pemasaran.
6. Penaggungan
resiko, adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan
pemasaran barang.
7. Standardisasi dan
Grading, standardisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk
spesifikkasi barang-barang hasil manufaktur, kadang-kadang juga disebut
normalisasi. Garding adalah usaha menggolong-golongkan barang kedalam golongan
standar kualitas yang telah mendapat pengakuan untuk barang-barang hasil
manufaktur.
8. Pengumpulan
Informasi Pasar, fungsi ini termasuk pula pengumpulan dan penafsiran
keterangan-keterangan tentang macam barang yang beredar dipasar.
b) Pendekatan Serba Lembaga
Pendekatan serba
lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang
terlibat dalam kegiatan pemasaran.
c) Pendekatan Serba Barang
Pendekatan serba
barang atau disebut juga pendekatan organisasi industri, merupakan suatu
pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang
tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen
industri.
d) Pendekatan Serba Manajemen
Pendekatan serba
manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan pada pendapatan manajer
serta keputusan yang mereka ambil.
e) Pendekatan Serba Sistem
Pendekatan serba
sistem atau pendekatan sistem total ini mencangkup elemen-elemen yang luas
dalam sistem pemasaran, termasuk keempat pendekatan di muka.
Kesimpulan
·
Untuk dapat
memenangkan persaingan dalam pemasaran terlebih dahulu manajemen pemasaran
harus mengetahui situasi apa yang sedang dialami oleh perusahaan sebelum
menentukan strategi apa yang yang cocok digunakan untuk menghadapi situasi
tersebut.
Sumber:
·
http://ilmuakuntansi.web.id/definisi-dan-pengertian-pemasaran/
·
http://www.pengertianpakar.com/2015/04/pengertian-dan-jenis-pemasaran.html
·
http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/enam-konsep-pemasaran-dan-tujuannya.html
·
http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-manajemen-pemasaran-dan-fungsinya.html
·
https://belajarmanagement.wordpress.com/2009/02/25/jenis-permintaan-dan-tugas-pemasaran/
·
http://www.kajianpustaka.com/2013/06/pengertian-dan-variabel-bauran-pemasaran.html
·
http://www.kembar.pro/2015/07/strategi-pemasaran-dan-bauran-pemasaran.html
·
http://rocketmanajemen.com/tujuan-strategi-pemasaran/
No comments:
Post a Comment