Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
-Andree Setiawan / 20216816 / IT-022234-
Penulisan ini dibuat dengan
tujuan agar mahasiswa dapat memahami dan membedakan tentang perusahaan dan
lingkungannya, serta pengaruhnya terhadap perusahaan. Penulisan ini dibuat
untuk memenuhi tugas dari Mata Kuliah Pengantar Bisnis (softskill). Materi yang
akan dibahas dalam penulisan ini antara lain mengenai pengertian perusahaan,
tempat kedudukan dan letak perusahaan, perusahaan dan lembaga sosial, jenis
lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan, serta mengenai
pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan. Dengan adanya penulisan ini
diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah memahami perbedaan antara perusahaan
degan lingkungannya. Metode penulisan yang digunakan adalah tinjauan teori dari
berbagai sumber bacaan yang tersedia di web selain blog yang dibuat orang untuk
memenuhi tugasnya.
1.
Perusahaan
1.1
Pengertian Perusahaan
- Secara umum, perusahaan adalah badan usaha yang menjalankan kegiatan di dalam bidang perekonomian (keuangan, industri dan perdagangan), yang dilakukan secara terus-menerus atau teratur, dengan terang-terangan dan dengan tujuan memperoleh keuntungan (laba).
- Menurut Molengraaff, Pengertian Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus-menerus, untuk memperoleh penghasilan, bertindak keluar, dengan cara memperdagangkan, menyerahkan atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan. Pengertian perusahaan disini tidak mempersoalkan tentang perusahaan sebagai badan usaha, namun justru perusahaan sebagai perbuatan, jadi terkesan hanya meliputi kegiatan usaha.
- Menurut Polak, Pengertian Perusahaan dari sudut komersil artinya baru dikatakan perusahaan apabila diperlukan perhitungan laba rugi yang dapat diperkirakan dan dicatat dalam pembukuan. Yang dimaksud dengan Laba adalah tujuan utama dari setiap perusahaan, jika tidak demikian berarti bukan perusahaan dan tidak mempersoalkan perusahaan sebagai badan usaha.
1.2
Fungsi Perusahaan
- FUNGSI PRODUKSI
Produksi adalah
usaha menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi
kebutuhan.Sebuah fungsi produksi menghubungkan input dengan output. Fungsi
tersebut menentukan kemungkinan output maksimum yang bisa diproduksi dengan
sejumlah input tertentu atau sebaliknya, kuantitas input minimum yang
diperlukan untuk memproduksi suatu tingkat Output tertentu. Fungsi produksi
ditentukan oleh teknologi yang tersedia bagi sebuah perusahaan.
- FUNGSI PEMASARAN
Pemasaran
adalah aliran produk secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang
perantara ke konsumen. Definisi lain menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu
proses sosial manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan
produk yang bernilai kepada pihak lain.Menurut William J. Shultz, fungsi
pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bisnis yang terlibat dalam
menggerakkan barang dan jasa dari produsen sampai ke tangan konsumen.
- FUNGSI SDM ( Sumber Daya Manusia)
Sumber Daya
Manusia adalah bagian dari manajemen yang berurusan dengan pekerjaan
orang/karyawan/pegawai dalam suatu perusahaan yang bertanggung jawab dalam
kesejahteraan karyawan tersebut, sehingga mereka dapat berkontribusi secara
efektif sebagai suatu grup / tim dan berkontribusi untuk suksesnya organisasi
tersebut.
1.3
Ciri-ciri Perusahaan
- Operatif : adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyediaan, ataupun pendistribusian barang dan jasa
- Koordinatif : diperlukan koordinasi perusahaan kea rah yang sama dan saling mendukung satu sama lain
- Reguler : diperlukan keteraturan aktivitas agar dapat bergerak maju
- Dinamis : mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan
- Formal : merupakan lembaga resmi yang terdaftar di pemerintah
- Lokasi : dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas
- Pelayanan Bersyarat : perusahaan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga perusahaan memperoleh laba
1.4
Tempat dan Kedudukan Perusahaan
- Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan dipengaruhi kelancaran hubungan dengan lembaga lain.
- Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi terutama berkaitan dengan biaya. Faktor yang mempengaruhi biaya adalah :
- Harga bahan mentah
- Tingkat upah buruh
- Tanah
- Pajak
- Tingkat produksi tahan lama
- Biaya atas jasa pihak ketiga
1.4.1 Jenis Letak Perusahaan
Letak perusahaan dibedakan menjadi :
- Terikat Keadaan Alam
- Terikat Sejarah
- Terikat Oleh Pemerintah
Letak perusahaan ditentukan pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan,
politik, kesehatan dan sebagainya. Contoh, letak persusahaan bahan kimia yang
berbahaya ditentukan lokasi yang terisolir dari masyarakat agar dampaknya dapat
ditekan serendah mungkin.
Dipengaruhi oleh Faktor – faktor ekonomi
Faktor yang berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak
perusahaan yang bersifat industri adalah :
- Ketersediaan bahan mentah
- Ketersediaan tenaga air
- Ketersediaan tenaga kerja
- Ketersediaan modal
- Transportasi
- Kedekatan pasar
- Kesesuaian iklim
2.
Lingkungan Perusahaan
Keseluruhan dari faktor-faktor
ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
Pada dasarnya lingkungan perusahaan
dibedakan menjadi :
2.1
Lingkungan Eksternal
Merupakan faktor – faktor di luar dunia usaha yang mempengarui kegiatan
perusahaan. Lingkungan eksternal dibedakan menjadi lingkungan eksternal Makro
dan Lingkungan eksternal Mikro.
-
Lingkungan Eksternal Makro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh
tidak langsung terhadap lingkungan usaha.
- Contoh : Keadaan alam, Politik dan Hankam, Hukum, Perekonomian, Pendidikan dan Teknologi, Sosial dan Budaya, Kependudukan, Hubungan Internasional
-
Lingkungan Eksternal Mikro adalah lingkungan eksternal yang
berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
- Contoh : Pemasok/Supplier, Perantara, Teknologi, Pasar
2.2
Lingkungan Internal
Merupakan faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung
mempengaruhi hasil produksi.
Termasuk dalam lingkungan internal :
- Tenaga Kerja
- Peralatan dan Mesin
- Permodalan
- Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan, mobilitas fisik
- Sistem informasi dan administrasi
3.
Pendekatan Dalam Melihat Perusahaan & Lingkungan
Lingkungan
sangat berhubungan erat dengan keberhasilan memproduksi atau menghasilkan
barang yang akan dijual, serta dapat dijadikan sebagai kesempatan perusahaan
untuk mengembangkan perusahaan dalam menyesuaikan dengan selera dan kemauan
pelanggan di dalam dunia bisnis.
- Sumber:
- http://www.pengertianpakar.com/2014/11/pengertian-perusahaan-menurut-para-pakar.html
- Assets Manajemen Decision yaitu keputusan berkaitan penggunaan dan pengelolaan aktiva.
- http://informasiana.com/ciri-ciri-perusahaan-umum/
- Widyatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma, Jakarta, 1992
-
M. Faud, Christine H, Nurlela, Sugiarto, Paulus YEF, Pengantar Bisnis,
Gramedia, Jakarta, 2000
No comments:
Post a Comment